it's all about me n my life

Rabu, 21 November 2018

Jantung Bocor : ASD Clossure di harapan kita dibayar BPJS

halooooo,
udah lama banget ga nulis nih. Aku doakan semoga semuanya dalam keadaan baik. Amiiiin
ok kita langsung aja ya ke pembahasan penyakit jantung bawaan yang saya derita.

Awalnya  saya tahu ada kelainan jantung itu tanggal 19 juni 2018, saat itu momennya abis lebaran baru pulang dari rumah opa di bandung. sampe rumah tuh ternyata art kasih info kalau dia ga akan balik lagi, jd otomatislah semua kerjaan rumah saya kerjain sendiri sambil cari art baru.
Singkat cerita tgl 19 pagi itu saya ngedrop banget, sakit kepala hebat, badan demam dan meriang tidak bisa bangun pokoknya macam orang sakit parah gitu. trus saya ngerasa mungkin karena kecapean dan masuk angin jadi saya putuskan minum panadol merah dan tolak angin. setengah jam dari situ enakan nih badan, tapi hanya sebentar aja. setelah itu drop lagi.
Akhirnya sore kita pergi dokter langganan suami di Klinik KK tanjung duren dengan dr.Kamsi SpPd.
Dokter bilang mungkin ini gejala tipes, so diambil darahlah untuk ceklab, terus dokter bolak balik stetoskop di dada trus punggung, balik lagi ke dada sampe akhirnya dia bilang " bu boleh saya ekg ? karena saya dengar suara detak jantung yg ga normal (berisik/murmur)"
Saya langsung jawab bolehlah karena saya ngerasa jantungnya baik baik aja.
nah langsung keluar tuh kan hasil ekg nya seperti gambar ombak ombak gitu. dr.kamsi bilang ini betul ada kebocoran di jantung (sambil dia tandain gambar ombak?hasil ekg yg kelainan).
Nah dr kamsi bilang ke saya dan suami kalo harus segera periksa ke dokter spesialis jantung, karena diapun ga tau letak kebocoran ada dimana. udah tuh yah denger itu semua berasa dunia runtuh seketika, orang yg fisiknya keliatan sehat bisa punya penyakit jantung, mulai deh sedih nangis ditambah lagi pas bayar tagihan di klinik itu habis 2.5jt.. makin nangis 💔

3 juli saya dateng ke RSU Bhakti Asih dengan bawa rujukan bpjs dari klinik pinang tangerang.
kenapa pake BPJS ? bayangin yg tgl 19 jun aja habis 2,5jt kalo terusin bayar sendiri tanpa bpjs bisa langsung jantungan saya.
Okelah ya akhirnya dengan bekal kartu bpjs dan rujukan saya daftar ke poli jantung RSU Bhakti asih, saat itu yg praktek dr.Heri SpJP. ditanyalah kenapa datang kesini kamu kan sehat, nah saya bilanglah katanya jantung saya ada yg bocor, trus dia dengerin pake stetoskop bolak balik dia bilang betul, lalu di ekg ulang disana dan hasilnya sama. krn pake bpjs tiap kontrol cuma boleh 1 tindakan aja, katanya itu peraturan di RS nya. so tgl 10 juli disuruh dtg lg untuk Echo.

10 juli saya dtgl ke RS Bhakti asih , daftar lagi seperti biasa, sampe akhirnya dpt giliran masuk ruangan echo, keliatan deh semua, ternyata benar ada kebocoran , trus keliatan juga karena darah yg kaya oksigen (biru) dan darah kotor (merah) ada bercampur di serambi, jd lubangnya terletak di dinding antara serambi kanan kiri 1.5cm.
nah dari situ dr. Heri langsung kasih rujukan ke RSJPN Harapan Kita jakarta barat. dia bilang saya langsung rujuk kesana aja ya, karenan cuma disana yg bisa handle masalah penyakit jantung kamu.
trus diwanti wanti sama dr.heri supaya cepat cepat ditutup jangan sampe nanti dibiarin malah jadi gagal jantung bahaya.

akhirnya tgl 24 juli saya datang ke RS harapan kita, daftar pasien baru , antrinya lebih lama dari yg rs bhakti asih. nanti saya ceritain ttg rumah sakitnya ya belakangan.
akhirnya saya ketemu dr.indriwanto SpJP, seperti biasa dokter tanya kenapa datang kesini kamu kan sehat, cerita lagilah seperti sebelumnya. akhirnya dia stetoskop trus langsung di echo di ruangan yg sama, ketahuan 2.2cm lubangnya.
trus dia kasih rujukan lagi untuk TEE (nanti dijelaskan ya semua istilah yg saya sebut disini) lalu dia pindahkan saya ke dr.Aryo
Nah kalo udah mulai kontrol di RS harapan kita ini kudu banyak banyak sabar ya manteman, kakak adek om tante semuaa.. kenapaaaa ?
kaeran di RS harapan kita ini pasiennya dari semua wilayah yg ada di indonesia, pelayan bayar tunai dan bpjs juga disamakan (kecuali eksekutif /pavilliun) dan setiap hari yg datang itu ratusan orang untuk kontrol pagi dan sore.

setelah dapat antrian TEE di bulan september. tibalah waktunya..
TEE adalah alat yg dimasukan melalui mulut untuk melihat lebih jelas kebocoran jantung saya, jadi alatnya tuh kepalanya dipasang kamera seperti alat endoskopy. kalo ada yg tanya gimana rasanya, jawabannnya adalah gak enakkkk.. walaupun kita dibius lokal tetap terasa itu alat keluar masuk mulut lewat kerongkongan. sebelumnya harus puasa dulu minimal 6 jam, setelah tindakan TEE selesai 1 jam kemudian boleh makan dan minum.
2 minggu kemudian balik lagi ke dr.Aryo Suryo sekalian bawa hasil TEE, THE RESULT IS untuk menutup kebocoran di jantung saya bisa dengan alat, artinya saya ga perlu operasi besar ( buka/bedah dada ).

langsung disarankan untuk tindakan. hari itu juga karena belum jam 3 sore saya segera ke lantai 2 ketemu pak agus untuk cari jadwal. dan kebetulan sekali ada jadwal kosong tanggal 7 november 2018. setelah itu saya hubungi suami kasih tau semuanya.

Ohya jangan lupa sebelum tindakan siapkan semua berkas yg diperlukan bpjs yaaa.. jangan sampai di hari H surat rujukan kita sudah expired, pasti disuruh balik lagi untuk urus dulu. walaupun kita sudah dapat jadwal untuk tindakan , jika rujukan BPJS sudah tidak berlaku kita tidak akan bisa masuk. Jadi please ya mohon kerjasamanya agar semua berjalan lancar perhatikan semua administrasi yang diperlukan.

Tanggal 6 November saya datang pagi jam 10 untuk cek lab dan jam 1 siang kontrol anestesi dengan dr. April.
setelah selesai semua saya langsung ke loket pendaftaran masuk (rawat inap). tanda tangan ini itu selesai tunggu kamar ready baru kita diantar ke kamar rawat.
ohya hari ini saya diantar tetangga terbaik di komplek, baiknya sudah melebihi sodara sendiri.. namanya mba yos, makasih banyak ya mba yos. *kisskisskiss
Singkat cerita saya sampai di ruang perawatan lantai 4 (2405). disana saya ketemu teman teman yg dirawat dengan penyakit jantung juga (namanya juga rumah sakit pusat jantung nasional, jd ya semua yg sakit ya sakitnya jantung hihihihi).
waktu itu sudah sore ya sekitar jam 5 saya bilang mba yos supaya pulang aja karena sudah cape anter saya dari pagi dan ikut bolak balik urus administrasi. akhirnya dia suruh saya mandi dulu hanti baju baru dia mau pulang. aaaah mba yos ini baiknya keterlaluan sampai bingung bagaimana balasnya nanti.
setelah mandi sesuai perjanjian mba yos pulang, dan digantikan suami yg datang jam 6 sore.
selain ada suami datang juga ada sahabat dateng namanya heidy, dia belabelain datang sore itu krn dia takut besok tidak bisa datang, jadi diapun datang dengan doa, kita sama sama berdoa untuk kelancaran tindakan besok. terimakasih ya heidy *kisskisskiss

sore itu mulai deh dicek semua semuanya untuk persiapan tindakan besok . Puji Tuhan karena keadaan fisik dan mentalku bagus dan sehat dokter memutuskan untuk tindakan asd clossure dijadwalkan besok pagi. mulai deh dipasang infus , tes obat, tes antibiotik dll.
jam 2 pagi sdh dikasih roti dan teh manis untuk sahur, setetlah itu abis baru deh puasa sampai waktunya tindakan jam 7 pagi saya sdh mandi dan didorong ke ruang perawatan pra op. disana dingin sekali, suami antar sampai masuk kita berdoa lagi sama sama , setelah itu suami disuruh tunggu diluar sambil saya dipersiapkan. Ngga lama saya di dorong ke ruang operasi, tempatnya seperti lab namanya juga memang CATH LAB. jadi ruangannya besar, banya alat alat besar, ada LED TV besar juga di dekat tempat saya tidur.
suasana di Cath Lab itu saya suka, mulai dari perawatnya yg semua ramah ceria, lalu saya ketemu lagi dengan dr.anestesi yang baik sekali dr. april. ohya saya dipakein pampers juga lho saat itu, hihihii. Masih ngobrol tuh saya, padahal posisi sudah di tempelin sesuatu sana sini, dimasukin obat juga dari selang infus yg sdh terpasang sebelumnya, saya ga tau apalah itu. ngobrol deh sampe ga inget apa apa lagi, sadar sadar saya sudah di ruangan lain ( ruang perawatan post op ) ada suami panggil panggil saya sambil cium cium kening, telinga sudah bisa mendengar semua, tapi mata susah sekali terbuka, jari pun susah sekali digerakan. mungkin karena obat bius. saya merasakan senang sedih campur aduk semuanya. setelah bisa buka mata saya tanya suami yg dari awal sdh mendampingi, saya tanya ini sdh selesai atau bagaimana. lalu dia jawab operasi berjalan sangat lancar. Puji Tuhan saya senang sekali, terimakasih ya Tuhan karena penyertaan dan berkat yg tekah Kau berikan kepadaku kepada seluruh team dokter dan perawat sehingga operasi dapat berjalan lancar.

nanti saya jelaskan ya bagaimana proses operasinya, tar saya kasih link videonya juga.

Jam 7 pagi masuk ruang operasi lalu jam 10.30  saya sudah sadar
Cepet kan ya, cepet bangeeeettt..
deg degan ga ? sebagai orang normal yaiyalah pasti deg degan , ada rasa takut operasi ga akan berhasil atau alatnya ga bisa terpasang semuanya jadi satu, tapi itu saya kembalikan lagi sama Tuhan, kita sebagai manusia sudah berusaha yg terbaik, kiranya Tuhan selalu berkati dan sertai saya dan seluruh team dokter juga perawat yang terlibat.

Sudah tanggal 8 november, hasil post op semuanya bagus jam 10 aku dijadwalkan untuk echo, lihat hasil op nya apakah alatnya sdh menempel, apakah masih ada kebocoran . dan Puji Tuhan lubang sdh tertutup dan saya udah boleh pulang sore itu juga. Happy banget






Tidak ada komentar:

Posting Komentar